Memilih Antara Balon Karbit Atau Helium



Karbit, hydrogen atau Helium?


Sering dengar kejadian balon meledak dan mengeluarkan api? 
Pasti pernah dengar ya, memang balon yang bisa terbang itu menarik untuk anak-anak maupun orang dewasa. tapi jika salah menentukan gas yang kita akan gunakan untuk membuat si balon menjadi terbang tentunya bisa berbahaya.



balon helium
tanpa menggunakan balon terbang pun
dekorasi ulang tahun bisa indah dan memorable
Balon terbang yang menggunakan Reaksi karbit / kalsium karbida (kita biasa sebut balon karbit) sangat rentan terhadap api. Reaksi kimia gas karbit mudah terbakar jika tersulut api atau rokok.

Begitu juga gas hydrogen yang dihasilkan dari reaksi kimia soda api, air dan alumunium, bisa menjadi gas pengisi balon, namun sayang sekali gas ini juga sangat mudah bereaksi dengan api, jadi tidak disarankan dan direkomendasikan menjadi gas pengisi untuk balon terbang. 


# Pendapat pakar kimia 


Menurut penjelasan pakar kimia organik Institut Teknologi Bandung (ITB), Didin Mujahidin, karbit adalah nama dagang dari kalsium karbida, karbit kalau bereaksi dengan air menghasilkan asetilen (bukan gas hydrogen). Gas asetilen bisa juga digunakan sebagai gas pengisi balon. Namun, asetilen mudah sekali terbakar, jadi harus dijauhkan dari api.

Sedangkan hidrogen dapat diperoleh dari CaH2, zat ini sangat reaktif, mahal dan tidak mungkin diaplikasikan mengisi balon. "Kalaupun mau membuat balon hidrogen, biasanya dibuat dengan mereaksikan alumunium dengan sodium hidroksida. Gas hidrogen dan asetilenlebih mudah terbakar jadi jauh lebih berbahaya untuk dijadikan balon bagi anak-anak" tutur beliau. (koran pikiran rakyat edisi kamis 19 maret 2015).


cara membuat balon karbit
Klik foto
untuk melihat galeri foto dekorasi yang kami buat 

#yuk Sadar keamanan


Tentunya anda tidak ingin acara anda maupun pesta ulang tahun berubah menjadi musibah lantaran ada balon yang terbakar. Walaupun balon hydrogen atau karbit harganya murah dan terjangkau, namun Resiko kecelakaan penggunaannya relatif tinggi. Bisa meledak dan terjadi kebakaran. 


berikut beberapa link tentang tidak amannya menggunakan balon karbit 


  1.  meledaknya tabung gas karbit  
  2.  beberapa luka karena ledakan tabung gas balon 
  3. di padang tabung balon meledak
  4. bahaya api dekat balon gas karbit
  5. video meledaknya Balon gas berikut ini :


video tersebut di unggah oleh salah satu akun di youtube.com, kami tidak bermaksud membagikan momen yang kurang menyenangkan tersebut, tapi tujuan kami adalah dengan melihat video tersebut kita bisa menimbang dan menghayati lebih dalam manfaat dan kegunaan balon dalam sebuah pesta ulang tahun, apakah harus menggunakan balon karbit yang bisa terbang lantaran paradigma kita sudah berubah sedemikian rupa memaknai sebuah pesta.

Solusinya?  


Balon gas helium
Dekorasi Ulang tahun
Garuda Hall Hotel flamengo, Kota Serang
Anda bisa menggunakan gas  helium sebagai pengisi balonnya, helium termasuk gas mulia yang tidak terbakar walau sekedar tersundut rokok atau bahkan tersulut api, Tapi anda mesti rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan balon bergas helium, karena harga satu buah balon berukuran 12 inchi yang diisi helium harganya bisa mencapai 25.000 ribu rupiah.  

Coba bandingkan dengan balon hydrogen / karbit yang harganya hanya 6.000 rupiah untuk satu balon berukuran 12 inchi. Sangat jauh berbeda bukan?  sayangnya keamanannya kurang terjamin.


Atau anda bisa menggunakan balloon sculpture bentuk bunga untuk menghiasi pesta ulang tahun sweet 17 , balon yang terbuat dari balon panjang yang dibentuk bentuk, memberikan suasana kekinian, serperti ini salah satu contoh bentuknya : 

balloon flower sculpture
balon bunga
sebagai alternatif pengganti balon terbang
Solusi lainnya, jika budget anda terbatas sedangkan anda ingin memberi balon terbang untuk anak anak dalam pesta ulang tahun buah hati anda, anda bisa menggantinya dengan balon karakter / balon magic yang sangat anak suka. Selain aman harganya pun terjangkau.
Kami menyediakan berbagai jenis karakter dari balon magic yang kami buat, silahkan anda klik galeri kami untuk melihat foto foto balon yang pernah kami buat. 

Baca Juga : 

- membuat balon coloumm bunga matahari

Alternatif balon gas tangerang
Balon bunga matahari
Hiasan alternatif pengganti balon gas



Terima kasih 

Moga artikel ini memberi pengetahuan dan informasi baru untuk anda.

Salam hangat 

Sanggar badut sulap

WhatsApp 08118787641

bonus : baca aritikel ini agar kita lebih cinta pada lingkungan "untung rugi dari gas Helium"

tulisan ini sudah kami revisi, ada kesalahan di edisi sebelumnya, penulis juga mendapat wawancara dari koran pikiran rakyat karena tulisan yang penulis buat, ini penting karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai keamanan mainan balon untuk anak anak. 

Terima kasih

Comments

michelle said…
Numpang promo ya Admin^^
ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Popular posts from this blog

Mengapa Balon dekorasi saya menjadi kusam setelah beberapa waktu ?

Dekorasi Sederhana Panggung Perpisahan SD Negeri 15 Tangerang